Foto: Dirjen Kemeristekdikti Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, PhD (kanan) lantik Pengurus Pergubi DKI Jakarta, Depok, Bekasi, Banten, dengan Ketua, Prof. Dr. Ir. Sarwono Hardjomulyadi, MT, MH, IPU (kiri), disaksikan Ketua Umum Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MM, CHRA (tengah) 

 

JAKARTA (wartamerdeka.info) - Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemeristekdikti Prof. dr. Ali Ghufron Moekti, MSc, PhD melantik Pengurus Persatuan Guru Besar (Profesor) Indonesia (Pergubi) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) DKI Jakarta, Depok, Bekasi, dan provinsi Banten periode 2018-2023.

Saat pelantikan, Dirjen Dikti didampingi Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pergubi, Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MM, CHRA bersama jajarannya. Acara berlangsung di Gedung Hendriawan Sie kampus Universitas Trisakti, Jakarta Barat, Kamis, 11 April 2019 lalu.

Adapun Ketua DPD Pergubi DKI Jakarta, Depok, Bekasi dan Banten yang dilantik, Prof. Dr. Ir. Sarwono Hardjomulyadi, MT, MH, IPU adalah Guru Besar Tetap Universitas Mercu Buana Bidang Manajemen Konstruksi. Sarwono juga tercatat sebagai anggota Dewan Pengawas Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Tingkat Nasional (LPJKN) dan beberapa jabatan di organisasi lainnya.

Sebelum acara pelantikan, Ketua Panitia, Prof. Dr. Etty Murwaningsari, Ak, MM., CA melaporkan, bahwa koordinasi persiapan telah dilakukan sejak Desember 2018 lalu, dengan pihak Dirjen Dikti. Dilanjutkan pembacaan SK Pelantikan oleh Sekjen Pergubi, Prof. Dr. MTS Arief, MBA, CPM.

Masuk ke prosesi pelantikan, pengurus baru membacakan janji kepengurusan yang diwakili Ketuanya, Sarwono Hardjomulyadi. Pelantikanpun ditandai dengan penyerahan pataka dan pigura SK pelantikan kepada Ketua DPD DKI Jakarta, Depok, Bekasi dan Banten.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pergubi, Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MM, CHRA mengatakan, agar pengurus DPD DKI Jakarta, Depok Bekasi, dan Banten dapat bekerja sebaik-baiknya, sesuai Visi, Misi dan Tujuan organisasi. Selain itu, dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dari berbagai aspek, terkait penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Sementara Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemeristekdikti Prof. dr. Ali Ghufron Moekti, MSc, PhD dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus baru, dan ucapan terimakasih juga kepada DPP Pergubi, yang telah mengkoordinasikan keseluruhan acara pelantikan. 

Ali Ghufron berpesan, agar organisasi Pergubi dapat berjalan dengan baik, seiring arah kebijakan pendidikan kedepan, yang dicanangkan Pemerintah. Terutama dengan adanya kebijakan peningkatan dan pengembangan kualitas SDM yang lebih berdaya saing global.

Adapun komposisi personalia DPD Pergubi DKI Jakarta, Depok, Bekasi dan Banten adalah sebagai berikut:
I. Pengarah: Prof. dr. Ali Ghufron Moekti, MSc, PhD
II. Dewan Penasehat:
- Gubernur DKI Jakarta
- Prof. Dr. E.S. Margianti, MM
- Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, MSc, PhD
- Prof. Dr. Satya Arinanto, SH, MH
III. Dewan Pimpinan Daerah:
- Ketua   : Prof. Dr. Ir. Sarwono Hardjomulyadi, MT, MH, IPU
- Wakil Ketua : Prof. Dr. Wiwik Utami, Ak, MS, CA, CMA
- Sekretaris : Prof. Dr. Etty Murwaningsari, Ak, MM., CA
- Bendahara: Prof. Dr. Laura FN Sudarnoto

Kajian Sosial, Politik dan ekonomi:
1. Prof. Dr Dharma Tintri Ediraras, SE.Ak, MBA, CA
2. Prof. Farah Margaretha, ME., Ph.D

Sains dan Teknologi:
1. Prof. Dr. Ir. Charles O.P Marpaung, Ms
2. Prof. Dr. Manlian Ronald A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min
3. Prof. Ir. Krishna Mochtar, MSCE., Ph.D

Hukum dan Humaniora:
1. Prof. Dr. Apollo Dalto, M.Si, Ak
2. Prof. Dr. Astim Riyanto, MH

Budaya dan Pendidikan:
1. Prof. Dr. Bedjo Sudjanto, M.Pd
2. Prof. Dr. Lia Amalia, MM

Kerjasama:
1. Prof. Dr. Husein Umar, MBA., MM
2. Prof. Dr. Dana Santoso, M.Eng., Ph.D

Susunan personalia tersebut sesuai dengan Lampiran Surat Keputusan  Ketua Umum Pergubi, Nomor 038/SK/DPP-PERGUBI/VII/2018 yang ditandatangani Ketua Umum DPP Pergubi, Prof. Dr. Ir. Gimbal Doloksaribu, MM, CHRA.

Diketahui, Pergubi telah terbentuk sejak tahun 2011. Para anggotanya adalah para Profesor dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia serta memiliki SK (Surat Keputusan) Guru Besar yang resmi dari Pemerintah Republik  Indonesia.

Adapun Visi PERGUBI adalah, membangun karakter, intelektualitas dan kuallitas bangsa berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945​.

Sedangkan Misi Pergubi​ adalah: (1). Membangun karater dan pola pikir bangsa melalui pendidikan moral dan etik​;

(2). Membangun intelektualitas bangsa melalui pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing;

(3). Menunjang tinggi nilai-nilai kemanusiaan melalui keberagaman agama, kepercayaan dan kebudayaan;

(4). Mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai demokrasi melalui keterlibatan seluruh anak bangsa;

(5). Mempertahankan dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa melalui kebersamaan; (6). Mewujudkan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial melalui pengentasan kebodohan, keterbelakangan, kemelaratan dan kemiskinan. (DANS)

 

 

Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) secara langsung menyatakan sikap terkait kondisi bangsa ini di Gedung Rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu, (18/5/2019).

Jakarta, Obsessionnews.com 
Gaduhnya suasana politik di masyarakat baik di jaga media sosial maupun di dunia nyata membuat semua pihak merasa cemas akan terjadi sesuatu yang tak diingkan pasca Pilpres 2019 ini. Karena itu sejumlah rektor Tanah Air memberikan respons cepat menyikapi hal itu.

Mereka 87 rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN) seluruh Indonesia yang tergabung dalam Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) secara langsung menyatakan sikap terkait kondisi bangsa ini di Gedung Rektorat Institut Teknologi Bandung (ITB), Sabtu, (18/5/2019).

Para rektor berkumpul di ITB merumuskan tujuh poin sikap MRPTNI. Salah satunya terkait dengan situasi politik saat ini. Adapun 7 poin kesepakatan itu, yakni pertama, seluruh tujuan luhur negara Indonesia tersebut hanya bisa diwujudkan dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kuat dan utuh.

Kedua, kebangkitan bangsa Indonesia untuk mewujudkan masa depan yang makmur, berkemajuan, berkeadilan, berdaulat dan bermartabat hanya dapat dicapai melalui terpeliharanya persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi semangat persaudaraan di antara seluruh elemen bangsa.

Ketiga, segala bentuk perbedaan pendapat maupun sikap politik tetap dalam koridor negara hukum berdasarkan Pancasila dan Konstitusi Negara Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

“Kita harus menunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan,” tulis pernyataan sikap itu dalam poin keempat yang dibacakan Ketua MRPTNI Kadarsah Suryadi sekaligus Rektor ITB.

Kelima, masa depan bangsa Indonesia yang lebih makmur, berkemajuan, berkeadilan, berdaulat dan bermartabat hanya dapat diwujudkan melalui penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

Keenam, penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya sebagai prasyarat bagi terwujudnya masa depan Bangsa Indonesia yang lebih baik tersebut hanya dapat diakselerasi dalam suasana kebangsaan yang penuh kerukunan dan kedamaian.

“Oleh karena itu, kami Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia mengimbau seluruh elemen bangsa Indonesia untuk senantiasa mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan bangsa,” tuturnya dalam poin ke tujuh.

“Menghormati perjuangan serta pengorbanan jiwa raga para pahlawan bangsa dan menjunjung tinggi amanat para pahlawan bangsa yang telah mewujudkan persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia, serta memberkahi Bangsa Indonesia dengan semangat kerukunan dan persaudaraan sebagai modal dasar untuk meraih masa depan Bangsa yang adil, makmur, damai dan sejahtera.

Pernyataan sikap MRPTNI ditandatangani Ketua MRPTNI Kadarsah Suryadi (Rektor ITB) dan Sekretaris Jenderal MRPTNI, Dwia Aries Tina Pulubuhu (Rektor Universitas Hasanuddin).

MRPTNI merupakan forum rektor yang beranggotakan 87 perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Ketua Forum Politeknik Negeri. (Albar)

Pernyataan MRPTNI link dibawah ini.

https://youtu.be/C_850UOS3AY?list=PLJnyQzrlnqp4SXGbqk5u9vSutiY7wALUg

Persatuan Guru Besar Indonesia

© 2023 by MeliaRuthDS

  • Facebook Clean Grey
  • Twitter Clean Grey
  • LinkedIn Clean Grey